Sabtu, 14 November 2009

WAWANCARA BAHASA INDONESIA

Bahasa merupakan alat komunikasi antara masyarakat yang berupa simbol bunyi yang dihasilkan dari alat ucap manusia yang dapat diperkuat dengan gerak-gerik badaniah yang nyata,yang menyebabkan reaksi / tanggapan dari orang lain.

Dari arti bahasa diatas saya ingin mewawancarai dua dari masyarakat yang ada di komplek tempat tinggal saya mengenai bahasa indonesia serta bagian” pengaruh dan ragam-ragamnya.

Novy : Apakah bahasa mencakup berbagai bidang ,jika ada

Apakah masing” bidang tersebut saling berhubungan ?

Harumee :Ya,benar selain bahasa mempunyai pengertian yang luas

Yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa didalam bahasa juga mencakup berbagai bidang yaitu vokal dan bunyi ,dari kedua bidang tersebut saling berhubungan karena merupakan rangkaian dan getaran yang dapat merangsang alat pendengaran kita yang menyebabkan terjadinya komunikasi.

Novy :Bagaimana jika didalam pelafalan vokal maupun bunyi itu tidak sesuai dengan kaidah didalam bahasa indoneisa itu sendiri?

Harumee :Itu semua kembali lagi kepada masyarakat untuk memiliki kesadaran dalam menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Novy :Kenapa didalam menggunakan bahasa itu harus dengan baik dan benar apakah ada perbedaan diantara keduanya?

Harumee :Ya,ada bahasa yang baik itu adalah bahasa yang lebih menekankan pada aspek komunikatif bahasa dan harus memperhatikan siapa sasaran bahasa kita misalkan berdasarkan unsur umur,agama,pendidikan,status sosial,lingkungan sosial,dan sudut pandan khalayak sasaran kita tidak boleh kita abaikan,sedangkan bahasa yang benar merupakan bahasa yang brkaitan dengan aspek kaidah / peraturan bahasa yang harus diperhatikan yaitu mengenai masalah tata bahasa,pilihan kata(diksi),tanda baca(EYD),dan ejaan.

Novy :Kapan keselarasan bahasa di indonesia terjadi sedangkan kita mengetahui bahwa pada saat ini bahasa asing telah mengungguli bahasa kita sendiri?

Kireiina :Keselarasan bahasa indonesia dapat dijaga jika warga negara indonesia sadar benar mengenai bahasa yang mereka pakai dalam kehidupan sehari-hari.

Novy :Siapa yang harus menjaga keseimbangan antara bahasa indonesia dengan bahasa asing?

Kireiina :Setiap warga negara indonesia yang sadar akan budaya bahasa indonesia dan harus dikembangkan dan dijaga.

Novy :Dimana pengaruh bahasa indonesia yang lebih dominan?

Kireiina :Remaja dan warga negara indonesia yang belum dapat mengerti benar mengenai arti pentingnya bahasa yang baik agar bangsa lain dapat lebih menghargai lagi bahasa indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar