Kamis, 19 Mei 2011

EVENT ORGANIZER

EVENT ORGANIZER
Event Organizer adalah bidang usaha yang menarik: dinamis, bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan, penuh dinamika kreatif, deadline dan finansial. Saat ini event menjadi pilihan utama dalam berpromosi karena biaya yang dibutuhkan kadang jauh lebih ekonomis dibanding dengan beriklan di media cetak atau televisi.
Adrie Subono (lahir 11 Januari 1954; umur 57 tahun) adalah pendiri Java Musikindo sekaligus bos event organizer dari Java Musikindo serta seorang promotor musik Indonesia. Ia sering mendatangkan musikus terkenal mancanegara untuk manggung atau konser atau mengadakan pertunjukan di Indonesia melalui Java Musikindo yang didirikannya, sejak pertengahan tahun 1990-an sampai era 2000-an ini. Adrie Subono adalah keponakan dari presiden Indonesia ke-3, B.J. Habibie.
Adrie Subono merupakan bos event organizer yang sukses, tips dari kesuksesan adrie subono ialah karena ia memiliki bekal pengalaman yang cukup dalam mengelola suatu kegiatan, memiliki ide yang kreatif Karen bisnis EO adalah bisnis komunikasi dan hiburan kepuasan dan ketertarikan klien menjadi sang penting untuk diperhatikan, tebar relasi merupakan salah satu modal awal untuk merintis bisnis EO, adrie subono juga dalam memulai EO ini memiliki modal untuk mengurus berbagai macam administrasi seperti legalitas usaha, menyewa kantor, pengadaan alat kantor, biaya telekomunikasi dll, memiliki tim yang solid dan telah berpengalaman, serta memiliki mitra kerja atau supplier. itulah yang menyebabkan bisnis EO yang dijalankan oleh Adrie Subono dapat berkembang dan berjalan dengan lancar sampai saat ini.

Rabu, 27 April 2011

Jumat, 22 April 2011

Tugas Kewirausahaan

“Novy Ariwibowo Collection”
Jl.Kenanga Blok C Permata1
Telp (021-91111009)
Bekasi Barat


Menjual berbagai macam kebutuhan muslimah diantaranya:
 Busana muslimah
 jilbab cantik dengan berbagai jenis model
 Accessories jilbab
 Mukena
 Dll

Discount 20% dari tanggal 15-20 April 2011
Ayo datang ke toko kami sekarang juga!!

Minggu, 02 Januari 2011

BAB VIII PERTENTANGAN SOSIAL DAN INTEGRASI SOSIAL

1.PERBEDAAN KEPENTINGAN
Kepentingan merupakan dasar dari timbulnya tingkah laku individu.individu bertingkah laku karena adanya dorongan untuk memenuhi kepentingannya.kepentingan ini sifatnya esensial bagi kelangsungan hidup individu itu sendiri,jika individu berhasil memenuhi kepentingannya,maka ia akan merasa puas dan sebaliknya kegagaan dalam memenuhi kepentingan menimbulkan masalah baik bagi dirinya maupun bagi lingkungannya.
Dengan berpegang pada prinsip bahwa tingkah laku individu merupakan cara atau alat dalam memenuhi kebutuhannya,maka kegiatan yang dilakukan oleh individu dalam masyarakat merupakan kepuasan pemenuhan dari kepentingan tersebut.
Perbedaan kepentingan itu antara lain berupa:
1.kepentingan individu untuk memperoleh kasih sayang
2.kepentingan individu untuk memperoleh harga diri
3. kepentingan individu untuk memperoleh penghargaan yang sama
4. kepentingan individu untuk memperoleh prestasi dan posisi
5. kepentingan individu untuk dibutuhkan orang lain
6. kepentingan individu untuk memperoleh kedudukn di dalam kelompoknya
7. kepentingan individu untuk memperoleh rasa aman dan perlindungan diri
8. kepentingan individu untuk memperoleh kemerdekaan diri
Kenyataan-kenyataan seperti itu menunjukan ketidakmampuan suatu ideologi mewujudkan idealism yang akhirnya akan melahirkan kondisi disintegrasi atau konflik.
perbedaan kepentingan ini ini secara tidak langsung menyebabkan terjadinya konflik tetapi mengenal beberapa fase yaitu:
1.fase disorganisasi yang terjadi karena kesalahpahaman yang menyebabkan sulit atau tidak dapatnya suatu kelompok social menyesuaikan diri dengan norma ideology.
2.fase disintegrasi(konflik) yaitu pernyataan tidak setuju dalam berbagai bentuk seperti timbulnya emosi massa,protes,aksi mogok,pemberontakan dll.
Tahapan disintegrasi sbb:
 Ketidakpahaman anggota kelompok tentang tujuan social yang hendak dicapai
 Norma social yang tidak membantu masyarakat dalam mencapai tujuannya
 Norma yang telah dihayati dalam kelompok bertentangan satu sama lain
 Sanksi sudah menjadi lemah
 Tindakan anggota masyarakat sudah bertentangan dengan norma kelompok

2.PRASANGKA,DISKRIMINASI,DAN ETHNOSENTRISME

a. Prasangka dan Diskriminasi
Prasangka dan diskriminasi adalah dua hal yang ada relevansinya.Prasangka mempunyai dasar pribadi, dimana setiap orang memilikinya, sejak masih kecil unsure sikap bermusuhan sudah Nampak.
Perbedaann pokok antara prasangka dan diskriminasi adalah bahwa prasangka menunjukkan pada aspek sikap sedangkan diskriminatif pada tindakan.
Prasanka ini sebagian besar bersifat apriori atau tidak berdasarkan pengalaman sendiri.Prasangka bias diiartikan sebagai sikap yang tergesa gesa, berdasarkan generalisasi yang terlampau cepat dan berat sebelah.
Jika prasangka disertai dengan agresivitas dan rasa permusuhan, semua tidak disalurkan secara wajar, biasanya orang yang bersangkutan mencoba mendiskriminasikan pihak pihak lain yang belum tentu salah, dan akhirnya dibarengi dengan justifikasi diri, yaitu pembenaran diri terhadap semua tingkah laku sendiri.

b. Perbedaan Prasangka dan Diskriminasi
Antara prasangka dan diskriminasi dapat dibedakan dengan jelas, prasangka bersumber dari suatu sikap, diskriminasi menunjuk kepada tindakan.
c. Sebab Sebab Timbulnya Prasangka dan Diskriminasi
1. Latar belakang sejarah
Contoh: Bangsa kulit putih adalah tuan dan negro adalah budak.
2. Latar belakang sosio-kultural dan situasional
Contohnya:terjadi permutusan hubungan kerja oleh pimpinan perusahaan terhadap karyawannya.
3. Bersumber dari faktor kepribadian
Tipe authorian personality adalah sebagian ciri cirri bersifat konsevatif dan tertutup.
4. Perbedaan keyakinan, kepercayaan, dan agama
Contoh:perang irak-iran berlatar belakang dari latar belakang prasangka agama/kepercayaaan, munculnya kelompok-kelompok ekonomi , berdirinya fakta-fakta pertahanaan seperti NATO, SEATO adalah contoh dari danya prasangka dan politikglobal dari Negara Adi Kuasa.
d. Usaha mengurangi/menghilangkan Prasangka dan Diskriminas
1. Perbaikan kondisi social ekonomi
Melalui pelaksanaan program-program pembangunan yang di dukung oleh lembaga ekonomi seperti KUD, BUUD dan melalui program kredit seperti KCK(Kredit Candak Kulak), Kredit Modal Kerja Permanen(KMKP).Dengan begitu prasangka ketidak adilan dalam sektor perekonomian sedikit banyak dapat dikurangi.
2.Peluasan kesempatan belajar
Usaha perluasan kesempatan kesempatan belajar bagi warga Negara Indonesia paling tidak dapat mengurangi prasangka bahwa program pendidikan tinggi hanya dapat dinikmati oleh kalangan masyarakat menengah keatas.
3.Sikap terbuka dan sikap lapang
Dengan sikap terbuka dan lapang diharapkan akan berlanjut dengan sikap saling menghaargai, menghormati, dan menjauhi diri dari sikap prasangka.


E.Ethnosentrisme
Ethnosentrisme yaitu anggapan suatu bangsa atau ras yang cenderung menganggap kebudayaan mereka sebagai suatu kebudayaan yang prima,riil,logis,sesuai dengan kodrat alam dan beranggapan bahwa bangsa atau ras layaka kurang baik di mata mereka.

3.PERTENTANGAN-PERTENTANGAN SOSIAL/KETEGANGAN DALAM MASYARAKAT
Dalam hal ini terdapat tiga elemen dasar yang erupakan cirri-ciri dari suatu konflik,yaitu:
1. Terdapat dua atau lebih unit-unit atau bagian yang terlibat dalam konflik
2. Unit-unit tersebut mempunyai perbedaan-perbedaan yang tajam dalam kebutuhan,tujuan,masalah,sikap,maupun gagasan-gagasan.
3. Terdapat interaksi diantara bagian-bagian yang mempunyai perbedaan tersebut.
Konflik merupakan suatu tingkah laku yang dibedakan dengan emosi-emosi tertentu yang sering dihubungkan dengan kebencian-kebencian atau permusuhan,konflik terjadi pada lingkungan:
a.pada taraf di dalam diri seseorang,konflik menunjuk adanya pertentangan,ketidakpastian atau emosi dan dorongan yang antagonistic dalam diri seseorang.
b.pada taraf kelompok,konflik ditimbulkan dari konflik yang terjadi dalam diri individu, dari perbedaan pada para anggota kelompok dalam tujuan, nilai-nila dan norma, motivasi untuk menjadi anggota kelompok, serta minat mereka.
c. pada taraf masyarakat, konflik juga bersumber pada antara nilai-nilai dan norma-norma kelompok dengan nilai-nilai dan norma-norma dimana kelompok bersangkutan berada

Adapun cara pembicaraan konflik tersebut adalah sebagai berikut :
1. Elimination, yaitu pengunduran diri salah satu pihak yang terlibat dalam konflik,yang diungkapkan dengan:kami mengalah,kami mendongkol,kami keluar,kami membentuk kelompok kami sendiri.
2. Subjugation atau domination,artinya pihak yang mempunyai kekuatan terbesar dapat memaksa pihak lain untuk mengalah dan menaatinya.
3. Majority rule,artinya suara terbanyak yang ditentukan dengan voting
4. Minority consent,artinya kelompok mayoritas yang menang,namun kelompok minoritas tidak merasa dikalahkan dan menerima keputusan serta sepakat untuk melakukan kegiatan bersama.
5. Compromise,artinya semua sub kelompok yang terlibat dalam konflik berusaha mencari dan mendapatkan jalan tengah(halfway).
6. Integration(integrasi) artinya pendapat-pendapat yang bertentangan didiskusikan,dipertimbangkan dan ditelaah kembali sampai kelompok mencapai suatu keputusan yang memuaskan bagi nsemua pihak.

4.GOLONGAN-GOLONGAN YANG BERBEDA DAN INTEGRASI SOSIAL
A. Masyarakat majemuk dan nation Indonesia
Masyarakat majemuk itu dipersatukan oleh sistem nasional yang mengintegrasikannya melalui jaringan-jaringan administrasi pemerintahan,politik,ekonomi,dan social.untuk lebih jelasnya dikemukakan aspek dari kemasyarakatan tersebut:
1. Suku bangsa dan kebudayaannya,Indonesia terdiri dari sejumlah suku bangsa,tiap suku bangsa mempunyai kebudayaan sendiri maka di Indonesia juga terdapat sejumlah sistem budaya yang dipergunakan oleh masing-masing suku bangsa.
2. Agama,dilihat dari segi history bangsa Indonesia ,mempunyai toleransi yang besar terhadap kepercayaan orang lain.contohnya:saat hindu datang orang Indonesia sudah memiliki kepercayaan animisme dan dinamisme.agama hindu datang dengan damai melalui perdagangan.kemudian datanglah agama lain berturut-turut agama Kristen dan islam.
3. Bahasa,ada suku-suku bangsa yang bermacam-macam itu terikat oleh persamaan yaitu bahasa merupakan alat komunikasi dalam melaksnakan interaksi social antar kelompok.
4. Nasion Indonesia,nasion merupakan kesatuan solidaritas yang terbentuk sebagai hasil proses setelah kemerdekaan tahun 1945.nasion Indonesia mempunyai kebudayaan sendiri yang disebut kebudayaan nasional yang merupakan perpaduan dari kebudayaan daerah.

B.Integrasi
Masalah besar yang dihadapi Indonesia setelah merdeka adalah integrasi diantara masyarakat yang majemuk.integrasi bukan peleburan tetapi keserasian persatuan.
Variabel-variabel yang dapat menjadi penghmbat dalam integrasi adalah:
1. Klaim/tuntutan penguasaan atas wilayah-wilayah yang dianggap sebagai miliknya.
2. Isu asli tidak asli,berkaitan dengan pembedaan kehidupan ekonomi antar warga Negara Indonesia asli dengan keturunan(tionghoa arab)
3. Agama,sentiemen agama dapat digerakkan untuk mempertajam perbedaan kesukuan
4. Prasangka yang merupakan sikap permusuhan terhadap seseorang anggota golongan tertentu

C.Integrasi social
Integrasi social(masyarakat)dapat diartikan adanya kerjasama dari seluruh anggota masyarakat mulai dari individu,keluarga,lembaga masyarakat secara keseluruhan.dalam sejarah tercatat bahwa sumpah pemuda tahun 1928 adalah suatu perwujudan solidaritas social.bangsa Indonesia pada hakikatnya adalah satu,corak ragam budaya menggambarkan kekayaan budaya bangsa yang menjadi modal mengembangkan budaya bangsa seluruhnya,sehingga menjadi modal dasar bagi terwujudnya integrasi social-integrasi nasional.

D.Integrasi nasional
Integrasi nasional merupakan masalah yang dialami semua Negara atau nation di dunia yang berbeda adalah bentuk permasalahan yang dihadapinya.
1.Beberapa permasalahan integrasi nasional
 Perbedaan ideology,disebabkan perbedaan palsafah hidup yang banyak berpengaruh dalam proses sosialisasinya maupun pembentukan konsepsi nalarnya.
 Kondisi masyarakat yang majemuk,yang terdiri dari berbagai kelompok etnis baik pribumi maupun keturunan asing.
 Masalah territorial daerah yang berjarak cukup jauh,kondisi ini akan mempererat kelompok etnis tertentu.tempat pertumbuhan partai politik,memunculkan pertentangan politik dengan terjadinya demonstrasi,kerusuhan,serangan bersenjata,kekerasan politik dll.
2.Upaya pendekatan
Upaya yang dilakukan untuk memperkecil atau menghilangkan kesenjangan-kesenjangan itu:
 Mempertebal keyakinan seluruh warga Negara terhadap ideology nasional
 Membuka isolasi antar brbagai kelompok etnis dan antar daerah atau pulau dengan membangun sarana komunikasi,inforasi dan transportasi.
 Menggali kebudayaan daerah untuk menjadi kebudayaan nasional
 Membentuk jaringan asimilasi bagi berbagai kelompok etnis baik pribumi atau keturunan asing

BAB VIII

Sabtu, 25 Desember 2010

Hubungan timbal balik antara Desa dengan Kota

Hubungan antara desa dengan kota
Indonesia merupakan Negara yang memiliki sebutan sebagai Negara agraris yang sedang berkembang, disebut Negara agraris karena penduduknya bertempat tinggal dipedesaan dengan aktifitas sebagai petani, tanahnya yang cukup subur dan lahan pertaniaanya yang cukup luas.
Suatu negara yang ingin maju tentunya mempunyai upaya mengelola dan memanfaaatkan semua potensi sumberdaya alam maupun sumberdaya manusia. Negara Indonesia termasuk Negara yang memiliki kekayaan alam yang beraneka ragam jenisnya dan jumlahnya cukup banyak.
Dalam pembentukan sebuah desa terdapat 3 unsur – unsure pokok:
1. Daerah/wilayah yang merupakan tempat tinggal dan tempat beraktivitas masyarakat.
2. Penduduk adalah terkait dengan kualitas dan kuantitas.
3. Tata kehidupan atau aturan – aturan yang berhubung langsung dengan keadan masyarakat dan adat istiadat setempat.
Dalam perkembangan suatu tempat menjadi suatu desa atau kota tidak lepas dari keinginan serta kemampuan manusia yang tinggal di tempat itu, karena desa dan kota pada dasarnya adalah sama, merupakan tempat tinggal penduduk. Yang membedakan adalah perkembangannya.
Pengertian desa dengan kota
Desa adalah pemukiman penduduk yang letaknya di luar kota. Biasannya penduduk beraktivitas sebagai petani. Dalam pengertian luas menurut R. Bintarto. ( 1977 ) Desa adalah merupakan perwujudtan geografis 7yang ditimbulkan oleh unsur – unsur fisiografi, social, ekonomis politik, cultural setempat dalam hubungan dan pengaruh timbal balik dengan daerah lain. Pada definisi kota terdapat beberapa aspek yang menjadi dasarnya, adalah aspek morfologis, jumlah penduduk, social, ekonomis dan hukum.
Kota merupakan tempat tinggal penduduk yang heterogen dengan mempunyai latar belakang budaya yang berbeda - beda ragam dan aktivitasnya. Penduduk lebih bersifat ekonomis matriallistis dan mengarah pada system industri.
Jadi dalam perkembangan sebuah kota berdasarkan tahap:
1. Eopolis yaitu tahap perkembangan daerah kota yang sudah diatur ketahap kehidupan kota ( kota kecamatan ).
2. Polis yaitu tahap perkembangn kota yang masih ada pengaruh kehidupan agraris ( kota Kabupaten ).
3. Metropolis yaitu tahap perkembangan kota sudah mengarah pada sector industry.
4. Trianopolis adalah tahap perkembangn kota yang kehidupannya sudah sulit dikendalikan baik masalah lalu lintas, pelayanan maupun kriminalitas.
5. Nekropolis yaitu Tahap perkembangan kota yang kehidupannya mulai sepi bahkan mengarah pada kota mati.
Dalam penataan ruang desa kota diperlukan 4 komponen yaitu:
1. Sumberdaya alam.
2. Sumber daya manusia.
3. IPTEK
4. Spatial ( keruangan ).
Bentuk dan pola tata ruang kota, dalam penataanya tidak terlepas memperhatikan corak kehidupan penduduk, karena penduduk kota sudah memiliki corak ragam kehidupannya yang heterogen, sehingga pola – pola tata guna lahan untuk ruang di kota sudah dirancang dengan baik terutama memperhatikan pengadaan sarana perkotaan dengan baik dan terpadu yang meliputi :
1. Penyediaan air bersih.
2. Drainase yang baik.
3. Pengelolaan sampah.
4. Sanitasi lingkungan.
5. Perbaikan kampung.
6. Pemeliharaan jalan kota.
7. Perbaikan prasarana fungsi pasar.
Intreksi desa kota adalah proses hubungan yang bersifat timbal balik antar unsur – unsur yang ada dan memmpunyai pengaruh terhadap perilaku dari pihak – pihak yang bersangkutan melalui kontak langsung.
Bentuk interaksi desa dengan kota antara lain :
1. Kerjasama antar penduduk.
2. Penyesuaian terhadap lingkungan.
3. Persaingan pada fasilitas hidup.
4. Asimilasi.
Interaksi wilayah (Spatial Interaction) adalah hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi antara dua wilayah atau lebih, yang dapat melahirkan gejala, kenampakkan dan permasalahan baru, secara langsung maupun tidak langsung, sebagai contoh antara kota dan desa.
Tiga prinsip pokok dalam interaksi social sebagai berikut :
1. Hubungan timbal – balik terjadi antara dua wilayah atau lebih
2. Hubungan timbal balik mengakibatkan proses pengerakan yaitu :
• Pergerakan manusia (Mobilitas Penduduk)
• Pergerakan informasi atau gagasan, misalnya : informasi IPTEK, kondisi suatu wilayah
• Pergerakan materi / benda, misalnya distribusi bahan pangan, pakaian, bahan bangunan dan sebagainya
3. Hubungan timbal balik menimbulkan gejala, kenampakkan dan permasalahan baru yang bersifat positif dan negatif, sebagai contoh :
• kota menjadi sasaran urbanisasi
• terjadinya perkawinan antar suku dengan budaya yang berbeda
Faktor Interaksi Desa – Kota
1. Adanya wilayah – wilayah yang saling melengkapi (regional complementarity) artinya, terdapat kebutuhan timbal balik antar wilayah sebagai akibat adanya perbedaan potensi yang dimiliki oleh tiap wilayah.
2. Adanya kesempatan untuk berintervensi (intervening opportunity) artinya, kedua wilayah memiliki kesempatan melakukan hubungan timbal balik serta tidak ada pihak ketiga yang membatasi kesempatan itu. Adanya campur tangan /intervensi pihak ketiga (wilayah ketiga) dapat menjadi penghambat atau melemahkan interaksi antara dua wilayah.
3. Adanya kemudahan transfer/ pemindahan dalam ruang (spacial transfer ability) artinya kemudahan transfer atau pemindahan dalam ruang baik manusia, informasi ataupun barang sangat bergantung dengan faktor jarak, biaya angkasa (transportasi) dan kelancaran prasarana transportasi. Jadi semakin mudah transferbilitas, maka akan semakin besar arus komoditas.
Aspek interaksi antara desa dengan kota adalah sebagai berikut:
1. Aspek Ekonomi, meliputi :
• Melancarkan hubungan antara desa dengan kota
• Meningkatkan volume perdagangan antara desa dengan kota
• Meningkatkan pendapatan penduduk
• Menimbulkan kawasan perdagangan
• Menimbulkan perubahan orientasi ekonomi penduduk desa
2. Aspek Sosial, meliputi :
• Terjadinya mobilitas penduduk desa dan kota
• Terjadinya saling ketergantungan antara desa dengan kota
• Meningkatnya wawasan warga desa akibat terjalinnya pengaruh hubungan antara warga desa dengan warga kota
3. Aspek Budaya meliputi :
• meningkatnya pendidikan di desa yang ditandai dengan meningkatnya jumlah sekolah dan siswanya yang bersekolah
• Terjadinya perubahan tingkah laku masyarakat desa yang mendapatkan pengaruh dari masyarakat kota
• Potensi sumber budaya yang terdapat di desa hingga melahirkan arus wisatawan masuk desa

Manfaat Interaksi antara Desa – Kota
1. meningkatnya hubungan sosial ekonomi antara penduduk desa dan kota
2. pengetahuan penduduk desa meningkat
3. dapat menumbuhkan arti pentingnya pendidikan bagi penduduk desa
4. dapat menumbuhkan heterogenitas mata pencarian penduduk desa
5. terjadinya peningkatan pendapatan
6. terpenuhinya berbagai kebutuhan penduduk baik di perkotaan maupun pedesaan
Dampak Interaksi antara Desa – Kota
Interaksi antara dua wilayah akan melahirkan gejala baru yang meliputi aspek ekonomi, sosial, maupun budaya. Gejala tersebut dapat memberikan dampak bersifat menguntungkan (positif) atau merugikan (negatif ) bagi kedua wilayah. Demikian pula halnya gejala interaksi antara dua desa dan kota. Di bawah ini kalian akan melihat tabel dampak interaksi desa – kota.
Tabel Dampak positif dan negative dari Interaksi antara Desa - Kota
No Dampak wilayah Positif Negatif
1 Desa • Meningkatnya Cakrawala pengetahuan penduduk desa • Terjadinya penetrasi kebudayaan dari kota ke desa yang tidak sesuai dengan tradisi masyarakat pedesaan.
• Masuknya teknologi tepat guna ke desa meningkatkan produksi lahan dan berdampak meningkatnya pendapatan masyarakat • Terjadinya perubahan tata guna lahan yang dapat menimbulkan kerusakkan lingkungan
• Terjadi perubahan tata guna lahan yang menguntungkan • Terjadinya kekurangan tenaga potensial di desa karena banyak yang berurbanisasi
• Terjadi perkembangan sarana – prasarana transportasi penghubung desa dengan kota, sehingga desa tidak lagi terisolir • Kemungkinan banyaknya orang yang kembali ke desa akan menyebabkan semakin padatnya desa
• Terbentuknya lapangan kerja alternatif di luar sektor pertanian
• Masuknya barang – barang produksi industri yang terjadi tidak ada

2 Kota • Kemajuan bidang transportasi yang menghubungkan desa dengan kota • Munculnya daerah-daerah kumuh (slums area) akibat dari makin banyaknya pendatang.
• Menyebabkan terpenuhinya kebutuhan bahan baku bagi proses produksi dan tenaga kerja • Tata ruang kota menjadi tidak ideal sebagai tata ruang kota yang dinamis
• Tersalurnya hasil–hasil produksi di wilayah pedesaan • Masuknya orang dari berbagai daerah dan budaya, sangat potensial bagi munculnya konflik antar etnis
• Masuknya penduduk dari berbagai daerah dan budaya melahirkan proses akulturasi antara berbagai kebudayaan tersebut.
• Memungkinkan terjadinya pernikahan antar suku, yang akan meningkatkan rasa sebangsa dan setanah air.

SISTEM PELAPISAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT

Masyarakat terdiri dari berbagai latar belakang dan pelapisan sosial yang berbeda-beda. Pelapisan sosial merupakan pemilah-milah kelompok sosial berdasarkan status, strata dan kemampuan individu tersebut yang terjadisecara alami didalam masyarakat. Terjadinya pelapisa sosial berdasarkan adanya cara pandang masyarakat yang berbeda-beda dengan dilatarbelakangi oleh status sosial, strata sosial dan kemampuan ekonomi yang berbeda-beda. Adapun perbedaan sistem pelapisan dalam masyarakat


1. Sistem pelapisan masyarakat tertutup diantaranya, Kasta Brahmana (pendeta), Kasta Ksatria (golongan bangsawan), Kasta Waisya (golongan pedagang), Kasta Sudra (golongan rakyat jelata) dan Kasta Paria (golongan orang yang tidak memiliki kasta)
2. Sistem pelapisan masyarakat terbuka. Setiap orang mempunyai kesempatan untuk menempati jabatan, jika orang tersebut menpunyai kemampuan pada bidang tersebut.
Kesamaan derajat terjadi karena adanya perbedaan kemampuan yang terjadi dalam bermasyarakat. Oleh sebabitu munculah lapisan-lapisan yang dapat menyatukan hal yang awalnya berbeda kemudian menjadi satu, hal tersebut tercantum dalam Undang-Undang 1945 tentang hak asasi manusia.
Pelapisan sosial atau stratifikasi sosial (social stratification) adalah pembedaan atau pengelompokan para anggota masyarakat secara vertikal (bertingkat).

Pengertian

Definisi sistematik antara lain dikemukakan oleh Pitirim A. Sorokin bahwa pelapisan sosial merupakan pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat (hierarkis). Perwujudannya adalah adanya lapisan-lapisan di dalam masyarakat, ada lapisan yang tinggi dan ada lapisan-lapisan di bawahnya. Setiap lapisan tersebut disebut strata sosial. P.J. Bouman menggunakan istilah tingkatan atau dalam bahasa belanda disebut stand, yaitu golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa tertentu dan menurut gengsi kemasyarakatan. Istilah stand juga dipakai oleh Max Weber.



Dasar-dasar pembentukan sistem pelapisan sosial
Ukuran atau kriteria yang menonjol atau dominan sebagai dasar pembentukan sistem pelapisan sosial adalah sebagai berikut.

Ukuran kekayaan

Kekayaan (materi atau kebendaan) dapat dijadikan ukuran penempatan anggota masyarakat ke dalam lapisan-lapisan sosial yang ada, barang siapa memiliki kekayaan paling banyak mana ia akan termasuk lapisan teratas dalam sistem pelapisan sosial, demikian pula sebaliknya, barang siapa tidak mempunyai kekayaan akan digolongkan ke dalam lapisan yang rendah. Kekayaan tersebut dapat dilihat antara lain pada bentuk tempat tinggal, benda-benda tersier yang dimilikinya, cara berpakaiannya, maupun kebiasaannya dalam berbelanja.

Ukuran kekuasaan dan wewenang

Seseorang yang mempunyai kekuasaan atau wewenang paling besar akan menempati lapisan teratas dalam sistem pelapisan sosial dalam masyarakat yang bersangkutan. Ukuran kekuasaan sering tidak lepas dari ukuran kekayaan, sebab orang yang kaya dalam masyarakat biasanya dapat menguasai orang-orang lain yang tidak kaya, atau sebaliknya, kekuasaan dan wewenang dapat mendatangkan kekayaan.

Ukuran kehormatan

Ukuran kehormatan dapat terlepas dari ukuran-ukuran kekayaan atau kekuasaan. Orang-orang yang disegani atau dihormati akan menempati lapisan atas dari sistem pelapisan sosial masyarakatnya. Ukuran kehormatan ini sangat terasa pada masyarakat tradisional, biasanya mereka sangat menghormati orang-orang yang banyak jasanya kepada masyarakat, para orang tua ataupun orang-orang yang berprilaku dan berbudi luhur.


Ukuran ilmu pengetahuan

Ukuran ilmu pengetahuan sering dipakai oleh anggota-anggota masyarakat yang menghargai ilmu pengetahuan. Seseorang yang paling menguasai ilmu pengetahuan akan menempati lapisan tinggi dalam sistem pelapisan sosial masyarakat yang bersangkutan. Penguasaan ilmu pengetahuan ini biasanya terdapat dalam gelar-gelar akademik (kesarjanaan), atau profesi yang disandang oleh seseorang, misalnya dokter, insinyur, doktorandus, doktor ataupun gelar profesional seperti profesor. Namun sering timbul akibat-akibat negatif dari kondisi ini jika gelar-gelar yang disandang tersebut lebih dinilai tinggi daripada ilmu yang dikuasainya, sehingga banyak orang yang berusaha dengan cara-cara yang tidak benar untuk memperoleh gelar kesarjanaan, misalnya dengan membeli skripsi, menyuap, ijazah palsu dan seterusnya.

Tiga Sifat Stratifikasi Sosial

Di lihat dari sifatnya pelapisan sosial dibedakan menjadi sistem pelapisan sosial tertutup, sistem pelapisan sosial terbuka, dan sistem pelapisan sosial campuran.

A.Stratifikasi Sosial Tertutup

Stratifikasi ini adalah stratifikasi dimana anggota dari setiap strata sulit mengadakan mobilitas vertikal. Walaupun ada mobilitas tetapi sangat terbatas pada mobilitas horisontal saja. Contoh:

- Sistem kasta.
Kaum Sudra tidak bisa pindah posisi naik di lapisan Brahmana.

- Rasialis.
Kulit hitam (negro) yang dianggap di posisi rendah tidak bisa pindah kedudukan di posisi kulit putih.

- Feodal.
Kaum buruh tidak bisa pindah ke posisi juragan/majikan.

B. Stratifikasi Sosial Terbuka

Stratifikasi ini bersifat dinamis karena mobilitasnya sangat besar. Setiap anggota strata dapat bebas melakukan mobilitas sosial, baik vertikal maupun horisontal. Contoh:
- Seorang miskin karena usahanya bisa menjadi kaya, atau sebaliknya.
- Seorang yang tidak/kurang pendidikan akan dapat memperoleh pendidikan asal ada niat dan usaha.

C.Stratifikasi Sosial Campuran

Stratifikasi sosial campuran merupakan kombinasi antara stratifikasi tertutup dan terbuka. Misalnya, seorang Bali berkasta Brahmana mempunyai kedudukan terhormat di Bali, namun apabila ia pindah ke Jakarta menjadi buruh, ia memperoleh kedudukan rendah. Maka, ia harus menyesuaikan diri dengan aturan kelompok masyarakat di Jakarta.

B. Pengaruh Stratifikasi Sosial

Selain menimbulkan tumbuhnya pelapisan dalam masyarakat, juga munculnya kelas-kelas sosial atau golongan sosial yang telah kita pelajari pada Modul terdahulu.
Adanya pelapisan sosial dapat pula mengakibatkan atau mempengaruhi tindakan-tindakan warga masyarakat dalam interaksi sosialnya. Pola tindakan individu-individu masyarakat sebagai konsekwensi dari adanya perbedaan status dan peran sosial akan muncul dengan sendirinya.

Pelapisan masyarakat mempengaruhi munculnya life chesser & life stile tertentu dalam masyarakat, yaitu kemudahan hidup dan gaya hidup tersendiri. Misalnya, orang kaya (lapisan atas) akan mendapatkan kemudahan-kemudahan dalam hidupnya, jika dibandingkan orang miskin (lapisan bawah); dan orang kaya akan punya gaya hidup tertentu yang berbeda dengan orang miskin.

Contoh pelapisan sosial yang terjadi dalam masyarakat

Gaya hidup masing-masing orang berbeda-beda. Ada orang yang hidup dengan gaya mewah, adapula yang hidup secara sederhana.Pola hidup masyakat tentunya dilatarbelakangi oleh statusnya dalam masyarakat.

Masyarakat Indonesia cenderung cepat menangkap budaya yang dibawa oleh bangsa asing. Misalnya pembauran antara budaya Indonesia yang original dengan budaya Indonesia